Desain kaos semakin hari semakin memiliki banyak peminat. Apalagi desain yang ada juga beraneka ragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan si pemakai. Desain juga bisa digunakan untuk mengiklankan sesuatu atau mempromosikan tujuan tertentu.

Tentu kita sering melihat banyak desain yang menarik. Banyaknya desain yang sudah muncul terkadang membuat si ilustrator atau pembuat desain menjadi kehilangan ide. Jika Anda adalah salah satu ilustrator tersebut, jangan khawatir karena Anda tetap bisa menciptakan desain menarik dan tidak sama dengan desain lain yang sudah bermunculan. Ini dia beberapa tips untuk membuat desain kaos yang menarik :

  • Manfaatkan waktu untuk mengeksplorasi konsep

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membuat sketsa lalu eksplorasi lingkungan sekitar. Anda bisa membuat beberapa raga desain dan jangan lupa juga untuk melakukan proses brainstorming.

Ulangi beberapa langkah tersebut, jika sudah ada ide yang menurut Anda menarik, Anda bisa mengeksplorasinya dengan ide lain yang sudah ada sebelumnya untuk menciptakan konsep yang lebih bagus.

  • Tempel desain pada kaos

Terkadang seseorang masih takut untuk mencoba, jangan pernah lakukan hal tersebut ketika membuat desain. Cobalah membuat desain yang terlintas di otak Anda, jika sudah selesai, tempel pada kaos. Anda bisa melakukan survei pada teman. Tanyakan bagaimana pendapat mereka mengenai desain Anda dan mintalah masukan serta saran.

  • Memakai konsep detail dan sederhana

Setiap orang tentunya harus mempunyai rasa menghargai kemampuan menggambar dan juga memperhatikan hal-hal yang mendetail dan juga hal kecil. Tentu untuk Anda para ilustrator, hal tersebut cukup penting. Apalagi jika Anda sudah membuat karya yang bagus dengan mempelajarinya selama berjam-jam dan dieksekusi pada kaos. Jika Anda melakukan hal ini, maka desain paling klasik bisa menjadi desain yang lebih sederhana.

  • Mempertimbangkan target konsumen

Memperhatikan konsumen dari desain kaos Anda tentunya penting. Anda harus mengetahui siapakah yang akan memakai desain Anda, apakah laki-laki atau perempuan, apakah muda atau tua.

Nantinya Anda bisa membuat desain disesuaikan dengan target pasar. Lakukan survey untuk mengetahui bagaimana karakter konsumen, desain seperti apa yang diinginkan, dan warna apa yang lebih disukai konsumen. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka akan mempermudah Anda memasarkan kaos.

  • Membuat desain dengan kesan lucu

Mungkin konsep ini masih belum banyak yang menggunakannya. Ada beberapa orang yang menyukai kesan lucu. Karena konsep ini selain memberikan kesan segar dan juga tidak membosankan. Tentu orang-orang yang akan mengenakan desain Anda akan semakin bahagia. Untuk desainnya, Anda bisa memilih tulisan dan gambar yang sesuai sebelum memulai eksekusinya.

  • Eksplorasi warna untuk desain

Anda bisa memilih warna-warna yang efektif untuk kaos dan bisa juga mencoba untuk memilih warna komplementer misalnya abu-abu. Untuk mendesain kaos, Anda bisa memakai software adobe illustrator dan nyalakan global colours. Ini bisa menghemat banyak waktu yang ada.

  • Menyiapkan karya seni dengan benar

Ketika menyablon gunakan pantone colours. Printer untuk mendesain kaos biasanya support untuk hal ini. Atau akan jauh lebih baik lagi jika Anda menguraikan teks dan memperluas stroke yang Anda miliki. Jangan khawatir tidak bisa, karena saat ini sudah banyak tutorial yang mudah untuk Anda pelajari, tergantung Anda memakai illustrator atau Photoshop.

Demikian beberapa tips untuk membuat desain kaos menarikdengan mudah. Namun jika ingin lebih praktis, Anda bisa langsung memanfaatkan jasa desain yang kini dapat dengan mudah ditemukan. Menyerahkan desain pada yang lebih ahli memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang lebih bagus.