Spare part motor Yamaha hingga kini masih menjadi spare part yang dipercaya oleh banyak pengguna motor. Bukan tanpa alasan, sebab Yamaha sejak dulu memang sudah membuktikan bahwa semua produk spare part maupun motor pabrikannya selalu unggul dari segi kualitas. Bagi Anda yang sudah mempercayakan spart part pada merk ini tentu enggan berpaling pada merk lain.

Ya, banyak sekali onderdil motor yang dapat ditemukan di pasaran. Hanya saja tidak semunya memiliki kualitas yang bagus. Oia, sekalipun Anda sudah menggunakan spare part terbaik, bukan berarti Anda boleh mengabaikan perawatan motor ya! Anda harus paham betul kapan motor membutuhkan servis. Bila perlu, Anda membuat jadwal khusus untuk melakukan servis.

Tanda Motor Anda Perlu Diservis

Berikut adalah tanda-tanda motor Anda harus segera diservis.

1.      Suara Mesin Terdengar Kasar

Apabila mendapati suara mesin yang terdengar kasar, maka ini menjadi tanda bahwa motor harus segera dibawa ke bengkel. Walaupun suaranya belum terlalu kasar, ada baiknya Anda tidak menunda servis. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang semakin parah dan akan berpengaruh pada komponen lainnya.

Perlu diketahui, suara mesin yang kasar ini biasanya disebabkan penggunaan bahan bakar yang tidak berkualitas. Oleh karena itu hindari menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai standar mesin motor agar hal serupa tidak terjadi lagi..

2.      Motor Mengeluarkan Asap Putih atau Hitam dari Knalpot

Tanda selanjutnya adalah ketika knalpot motor mengeluarkan asap putih pekat atau asap hitam pekat. Umumnya hal ini terjadi akibat lubang silinder yang sudah aus. Penyebab lainnya adalah bercampurnya antara bahan bakar dengan udara. Bahan bakar yang tidak sesuai standar seringkali membuat kinerja motor menurun.

3.      Susah Dihidupkan di Pagi Hari

Pernahkah motor Anda sulit dihidupkan pada waktu pagi hari? Apabila iya, bisa jadi kaburator motor dalam kondisi kotor. Selain itu, walaupun sudah bisa dihidupkan, motor akan lebih mudah mati apabila karburatornya kotor. Akan tetapi jangan lupa cek bagian businya ya, karena motor sulit dihidupkan ini juga memiliki beberapa penyebab.

4.      Boros BBM

Setiap orang mendambakan motor yang irit bahan bakar. Namun bagaimana jika motor mendadak boros BBM? Tentu ini menimbulkan kejengkelan tersendiri bagi Anda. Untuk mengatasinya, cobalah cek bagian filter udaranya. Filter udara yang kotor menjadi salah satu penyebab motor menjadi boros bahan bakar.

5.      Tarikan Berat

Tarikan yang sudah terasa berat juga bisa dijadikan indikasi bahwa motor perlu dibawa ke bengkel sesegera mungkin. Hal ini biasanya disebabkan oleh pergantian oli yang tidak teratur, busi melemah, kepala silinder yang kotor, karburator yang kemasukan air maupun oli yang terlalu banyak.

Demikianlah 5 tanda-tanda yang perlu Anda ketahui agar motor tidak terlambat diservis. Saat menemukan satu tanda motor perlu diservis, usahakan untuk segera mengatur jadwal servisnya. Jangan sampai Anda menunda servis jika tidak ingin motor semakin rusak. Meskipun spare part motor Yamaha dapat dengan mudah Anda temukan, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebutuhan servis motor.

Lagi pula harga motor tidaklah murah, jadi jangan sampai Anda harus membeli motor baru hanya karena kerusakan motor sudah tidak bisa ditangani. Ada baiknya melakukan servis secara rutin untuk memastikan bahwa motor memiliki kinerja yang optimal. Selain dapat memperpanjang umur motor, ini juga dapat membuat Anda merasa nyaman ketika berkendara.