Batasan telat menstruasi sering kali menjadi pertanyaan bagi banyak wanita. Pasalnya hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor. Pada umumnya siklus menstruasi normal akan berlangsung selama 21 hingga 35 hari. Lantas bagaimana jika Anda mengalami telat haid? Nah berikut beberapa penjelasan mengenai telat haid 5 hari yang paling sering dialami wanita.

Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi merupakan keluarnya cairan yang mengandung darah dan dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa subur dan tidak hamil. Proses ini akan berlangsung setiap bulan selama tidak terjadi pembuahan. Bahkan haid juga memiliki siklus. Ada juga batas telat datang bulan yang dapat dikatakan wajar dan tidak wajar.

Penyebab Telat Haid yang Paling Sering Dialami

Lantas sebenarnya apa saja sih penyebab telat haid 5 hari yang paling sering dialami? Penyebabnya sendiri cukup beragam. Untuk wanita yang belum menikah, telat haid dapat terjadi karena kelelahan. Tak hanya itu, belum seimbangnya hormon pada remaja juga menjadi salah stau faktor telat haid yang paling sering dialami.

Pada umumnya masalah telat haid ini akan lebih sering dialami bagi mereka yang masih gadis. Hal ini disebabkan karena pola ovulasi yang belum teratur. Namun jika Anda memiliki siklus menstruasi normal, dan telat datang bulan. Ini merupakan gejala awal kehamilan. Namun hal ini akan terjadi jika Anda telah melakukan hubungan intim sebelum masa menstruasi telat.

Berapa Lama Batas Telat Menstruasi yang Wajar?

Menstruasi merupakan kondisi yang normal dan dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi wanita cukup bervariasi, namun rata-rata berjarak 28 hari. Telat haid 1 bulan, 42 hari, 3 bulan, atau bahkan 4 tak perlu dikhawatirkan. Namun sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter bagi Anda yang mengalami telat menstruasi selama 5 hingga 6 bulan.

Apakah Sering Telat Datang Bulan Bisa Menyebabkan Telat Hamil?

Kondisi yang harus diwaspadai adalah gadis yang belum juga mendapatkan haid pertamanya ketika sudah menginjak usia 17 tahun. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya hubungi dokter. Sebab ada kemungkinan jika selaput lendir tertutup rapat. Pasalnya umumnya selaput lendir itu berlubang. Kondisi inilah yang menyebabkan darah menjadi menggumpal di dalam.

Gejala Telat Datang Bulan

Pada umumnya gejala tepat datang bulan yang paling sering dialami adalah rasa nyeri menjelang haid atau selama haid. Kondisi ini merupakan hal yang wajar karena dinding rahim sedang berkontraksi untuk mengeluarkan gumpalan darah. Umumnya nyeri ini sering dialami oleh wanita yang belum pernah melahirkan karena mulut rahim yang masih terbilang kecil.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar telat datang bulan. Penyebab telat datang bulan juga dapat disebabkan karena beberapa faktor. Jika Anda sering mengalami telat datang bulan, pastikan mengetahui penyebabnya dengan pasti. Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya terkait telat haid 5 hari hanya di orami.co.id.