Kale populer sebagai superfood di negara Barat. Sementara Indonesia punya daun pakis yang tak kalah bernutrisi dan rasanya enak!

Daun pakis atau daun paku populer sebagai bahan utama sayur gurih di Sumatera Barat. Daun ini tumbuh di daerah lembap dengan bentuk tak beda dari tanaman hias pakis. Diolah menjadi gulai paku dengan paduan bumbu dan santan dan dibuat anyang atau urap. Selain di Sumatera Barat, penggunaan daun pakis sebagai hidangan umum ditemui di banyak wilayah Indonesia. Di Bali, misalnya, daun pakis diolah jadi lawar dengan cara direbus sebentar sehingga renyahnya masih terasa.

Sementara di Kalimantan Barat, pakis juga jadi bahan makanan populer. Pakis di wilayah ini punya keistimewaan lain yaitu batangnya lebih renyah. Tak heran, banyak permintaan pakis di provinsi beribu kota Pontianak ini. Panganan enak berbahan pakis juga bisa ditemui di Kudus. Di wilayah perbukitan Colo, Muria ada sajian enak bernama pecel pakis. Bahan utamanya daun pakis yang hanya tumbuh di pinggiran aliran kali perbukitan Muria.

Pecel pakis diracik bersama bumbu pecel yang terdiri dari campuran kencur dan daun jeruk. Pecel pakis dibanderol dengan harga murah meriah, Rp 8.000 per porsi dengan campuran sayuran lain seperti kacang panjang, bayam, dan tauge.

Dilihat dari sisi nutrisi, daun pakis ternyata tak kalah unggul dibanding kale yang populer di negara Barat. Tiap 100 gram daun pakis mengandung 39 kkal, 4.5 gram protein, dan 0.4 gram lemak. Untuk kale, sayuran hijau ini mengandung 49 kkal untuk tiap 100 gram-nya dengan 4.3 gram protein, dan 0.9 gram lemak.

Nutrisi daun pakis tak berubah kecuali jika Anda memasaknya dengan bahan lain yang tinggi kalori seperti gulai pakis dengan penambahan santan. Juga belum termasuk nilai nutrisi dari penambahan saus kacang pada pecel. Untuk pilihan terbaik, Anda bisa mengolah daun pakis dengan cara direbus atau ditumis dengan sedikit bumbu saja. Dr Health Benefits (14/1) mencatat banyak manfaat kesehatan daun pakis. Yang utama adalah tinggi zat besi, fosfor, dan kalsium. Selain itu, konsumsi daun pakis juga bisa sehatkan jantung karena tinggi kandungan potassium.

Manfaat lain, daun pakis baik dikonsumsi penderita diabetes karena sifatnya yang menurunkan kadar gula darah. Di sisi lain, daun pakis mampu tingkatkan nafsu makan.